Author:
• Tuesday, March 13th, 2012

Dewasa ini, dikenal berbagai jenis domba dari penjuru dunia, terutama yang berasal dari daratan Eropa dan sekitarnya. Peternak domba yang berpengalaman pasti akan memilih jenis domba sesuai dengan tujuan pemeliharaannya sebab masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sehubungan dengan hal tersebut, berikut ini akan diuraikan mengenai tipe dan bangsa-bangsa domba, baik lokal maupun yang berasal dari luar.

1. Domba Tipe Pedaging

Kelompok domba tipe pdaging atau potong memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bentuk badan padat, dada lebar dan dalam, leher pendek serta garis punggung dan pinggang lurus.
  • Kaki pendek dan seluruh tubuh berurat daging yang padat

Beberapa domba yang termasuk tipe pedaging antara lain southdown, hampshire, dan oxford.

2. Domba Tipe Wol

Kelompok domba tipe wol memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bertubuh ringan, kaki halus, berdaging tipis, serta berpilaku lincah dan aktif
  • Antara permukaan daging dan kulit agak longgar serta berlipat-lipat

Beberapa domba yang termasuk tipe wol antara lain merino, rambouillet, dorset dan suffolk. Domba asli Indonesia belum dapat dikelompokkan ke salah satu tipe yang ideal dari kedua tipe tersebut. Walaupun demikian, domba-domba di Indonesia umumnya mengarah kepada tipe pemotong atau pedaging. Hal itu disebabkan domba tipe wol sampai saat ini belum diminati oleh peternak di Indonesia. Di samping itu, pemasaran wol di Indonesia belum ramai karena iklim Indonesia kurang sesuai untuk pemakaian wol, serta teknologi pengadaan wol yang belum mendapat prioritas dari para pengusaha.

Selain itu, konsumen domba di Indonesia lebih condong mengarah untuk konsumsi daging berupa sate dan gulai. Munculnya warung-warung dan rumah makan yang menyediakan menu gulai dan sate menyebabkan dunia pasar domba tidak pernah sepi pembeli, apalagi menjelang hari raya qurban bagi umat Islam, permintaan konsumen dapat melonjak dua kali lipat.

Sumber: Buku Beternak Domba Oleh A.S Sudarmono & Y. Bambang Sugeng

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply